Cloud Computing

Cloud Computing – Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang cloud computing yang merupakan bagian dari tugas softskill, dan apa hubungannya dengan fitur virtualisasi. Mungkin bagi sebagian orang masih terdengar asing dengan cloud computing ini tapi lain hal untuk orang orang yang menekuni dibidang IT, paling tidak sudah mendengar namanya. Jadi sebelum melangkah yang lebih jauh lagi, kita harus menenal terlebih dahulu arti dari cloud computing.

Menurut sebuah makalah tahun 2008 yang dipublikasi IEEE Internet Computing Cloud Computing adalah suatu paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain.

Mungkin masih sedikit bingung dengan pengertian tersebut, cloud vps murah saya akan coba artikan dengan bahasa saya sendiri. Jadi cloud computing itu bisa diartikan sebagai tempat penyimpanan yang “aman” karena akan terus tersimpan disana. Jadi kalau kita punya data data penting selain disimpan pada komputer atau perangkat lain, lebih baik data tersebut juga disimpan di sana.

Baca :
Bimtek Kehumasan, Protokoler dan Sekertaris

Kalau data penting tersebut hilang dikomputer, kita tidak perlu panik karena kita bisa ambil lagi dari sana. Tapi kita mengaksesnya dengan menggunakan internet. Kenapa saya bisa mengartikan seperti itu, karena saya melihat beberapa contoh dari cloud computing yang sudah pernah saya coba seperti google drive dari google apps dan icloud dari salah satu fasilitas produk apple.

Saya akan sedikit membahas tentang sejarah dari cloud server murah cloud computing. Sebenarnya konsep dari cloud computing ini sudah ada dari sejak lama, kalau tidak salah dari tahun 1950an. Pada saat itu cloud computing mulai diperkenalkan pada zaman server mainframe.

Selanjutnya saya akan membahas hubungan cloud computing dengan virtualisasi. Ternyata virtualisasi tidak akan lepas dari cloud computing karena salah satu ciri dari cloud computing tersebut merupakan sebuah turunan dari virtualisasi, seperti: elastisitas dan fleksibilitas. Jadi kita menggunakan cloud computing dalam jangka waktu yang pendek dan kita pun bisa menambah atau mengurangi data data kita di cloud computing tersebut.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang cloud computing dan virtualisasi dari Caca dan Pakar Seo, Semoga Bermanfaat.

Caca Blog © 2018 Frontier Theme