Hiu dan Buaya yang Jadi Surabaya

Hiu dan Buaya yang Jadi Surabaya – Surabaya adalah ibu kota Jawa Timur, serta di kenal juga dengan sebutan Kota Pahlawan. Julukan itu tidak terlepas dari histori kota Surabaya yang kental dengan nilai kepahlawanan serta heroisme. Diambil dari website resmi Kota Surabaya, Kamis (23/4/2015), nilai kepahlawanan itu satu diantaranya terwujud dalam momen pertempuran pada Raden Wijaya serta Pasukan Mongol pimpinan Kubilai Khan pada th. 1293. Demikian bersejarahnya pertempuran itu sampai tanggalnya diabadikan jadi tanggal berdirinya Kota Surabaya sampai sekarang ini, yakni 31 Mei.

Heroisme orang-orang Surabaya paling tergambar dalam pertempuran 10 November 1945. Arek-arek Suroboyo, sebutan untuk orang Surabaya, dengan bekal bambu runcing berani melawan pasukan sekutu yang mempunyai persenjataan mutakhir. Beberapa puluh ribu warga wafat membela tanah air. Momen heroik ini lalu diabadikan jadi peringatan Hari Pahlawan. Hingga buat Surabaya dilabeli jadi Kota Pahlawan.

Baca :

Histori Surabaya juga terkait dengan kesibukan perdagangan. Dengan geografis Surabaya memanglah di ciptakan jadi kota dagang serta pelabuhan. Surabaya adalah pelabuhan gerbang paling utama Kerajaan Majapahit. Letaknya yang dipesisir utara Pulau Jawa membuatnya berkembang jadi satu pelabuhan perlu di jaman Majapahit pada era ke-14.

Sesudah ketahui histori kota Surabaya, saat ini kita berpindah ke asal mula nama Surabaya. Terdapat banyak versus berkaitan penamaan Surabaya. Yang cukup popular ada tiga, sewa mobil surabaya

Versus pertama : Menurut beberapa buku, Surabaya datang dari kata ‘Sura’ serta ‘Baya. Sura bermakna Jaya, menang, selamat. Sedang Baya berarti bahaya. Hingga Surabaya lebih kurang bermakna ‘Selamat dari Bahaya. Selamat dari bahaya pada kalimat ini bermakna, berhasil ditaklukkannya pasukan Tartar (ada yang menyebutkan bangsa Tiongkok) oleh pasukan Majapahit. Versus berikut yang disebut versus resmi dari penamaan Surabaya sesuai sama Surat Ketentuan No. 64/WK/75 mengenai penetapan hari jadi kota Surabaya.

Versus ke-2 : Surabaya datang dari kata ‘suro’ serta ‘boyo’ Kata Suro bermakna ikan Suro, satu ikan hiu yang besar. serta boyo bermakna buaya. Disini suro adalah simbol dari pasukan tartar yang datang dari laut, sedang pasukan Majapahit digambarkan jadi Boyo yang menyerang dari darat. Versus ini banyak dipakai sampai saat ini supaya lebih gampang dipahami.

Untuk versus ke-3 terkait dengan mitos serta masih tetap terkait dengan versus ke-2. Konon waktu pertempuran pada Majapahit dengan Bangsa Tartar berlangsung, ada 2 prajurit yang begitu kuat dari kerajaan majapahit. mereka bernama Jaka Sura serta Jaka Baya. Kemenangan Majapahit atas bangsa Tartar tidak lepas dari peran mereka berdua dalam pertempuran.

Sayang, mereka berdua begitu sombong serta berasumsi merekalah manusia yang paling kuat. Sampai ada seseorang tua yang sakti mengutuk mereka. Jaka Sura jadi ikan Sura, sedang Jaka Baya jadi seekor buaya. Hal semacam ini nyatanya tidak buat mereka beralih, mereka masih tetap saja berkelahi untuk merebutkan lokasi serta makanan semasing. Hingga berlangsung pertempuran yang dahsyat pada mereka ke-2 binatang itu. Pertempuran baru selesai waktu mereka keduanya sama mati. Raden Wijaya yang lihat pertempuran itu, lalu menamakan tempat itu dengan nama Surabaya, rental mobil surabaya

Lepas dari versus mana asal nama Surabaya, ibu kota Jawa Timur itu saat ini jadi kota yang cukup disegani terkecuali Jakarta. Bukanlah mustahil bila Surabaya nanti juga akan jadi kota yang semakin besar dari Jakarta.

Demikianlah artikel Hiu dan Buaya yang Jadi Surabaya dari blog
Caca SEO Website Terima kasih Pula telah berkunjung dan meluangkan waktunya untuk membaca artikel Web Jasa Seo yang singkat ini yang berjudul “Hiu dan Buaya yang Jadi Surabaya”. Semoga informasi Dari Web Jasa Seo dan Pakar Seo Ahli SEO yang terkandung di dalamnya dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.

Caca Blog © 2018 Frontier Theme