Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta

Musim liburan masih dinanti-nantikan masyarakat, sebab pada momen itu menjadi kesempatan terbaik untuk cengkerama bersama dengan keluarga. Ada banyak pilihan yang dapat dikunjungi berang keluarga untuk bersenang-senang atau hanya enjoy.Tidak kenal karenanya tidak sayang, nah kira-kira seperti itu lah makna memvisualisasikan intinya nilai kisah satu tempat. Begitu juga kisah kebun binatang Suka Loka Jogja ialah kebun binatang pertama dan paling tua di kota Jogja. Pada awal berdiri, kebun binatang dibikin atas ide yang diprakarsai oleh raja Sri Sultan Hamengkubuwono VIII pada tahun 1933. Waktu itu sang raja memiliki tekad mempunyai tempat hiburan untuk rakyat yang disebutkan kebun raya (Kebun Rojo). Selanjutnya ide raja dikonsultasi pada sang arsitek dari negara Austria bernama Kohler.

Wisata Museum Gunung Api Merapi Yogyakarta

Nah, setelah sekian waktu seterusnya inspirasi pendirian kebun binatang terselesaikan, lalu dilanjutkan waktu pemerintahan raja Sri Sultan Hamengkubuwono IX bernama Ir. Karsten. Baru pada tanggal 10 November 1953, kebun binatang Yogyakarta diresmikan oleh pak Sri Sultan Hamengkubuwono IX yang selanjutnya proses pengelola dan penambahan dilanjutkan oleh yayasan Suka Loka diketuai oleh Sri Paduka Paku Alam VIII.

Tebing Watu Mabur

 

Seiring berjalannya waktu, pergantian pembangunan kebun binatang, telah alami sering pergantian penanggung jawab juga sekaligus pengelola dengan bukti manajerial dan inovasi-inovasi penambahan wisata. Walaupun dalam proses alami pasang-surut, obyek wisata keluarga kebun binatang Suka Loka masih jadi salah satu wisata favourite di Yogyakarta. Berdasarkan data disatukan dari Dinas Pariwisata Yogyakarta bila banyaknya pengunjung kebun binatang Suka Loka makin banyak dibanding banyaknya pengunjung museum Sonobudoyo dan monumen Jogja kembali. Walaupun demikian, banyaknya pengunjung itu bisa dilampaui ketenaran istana Keraton Jogja dan Malioboro Yogyakarta.

Bukit Kali kuning Yogyakarta

 

Sudah jadi kebun binatang sekala Provinsi, tentu saran-prasarana kebun binatang harus komplet. Bukan sekedar fasilitas umum seperti mushola, kamar mandi umum, tempat parkir, dari sana pengunjung dapat coba fasilitas rekreasi wahana permainan menarik seperti perahu Katamaran yang siap bawa serta wisatawan berkeliling ruangan danau kebun binatang. Bukan sekedar memutari danau, dibawa memutari ruangan Mayang Tirta, memiliki bentuk kapal besar sekali. Mayang Tirta ialah salah satu fasilitas panggung hiburan dan menjadi tempat pertunjukan panggung seni tradisional. Supaya menggunakan service perahu Katamaran, pengunjung harus membayar ongkos sebesar Rp. 10.000.

Caca Blog © 2018 Frontier Theme